Pendidikan memiliki fungsi yang sangat berarti bagi masyarakat. Menurut Ki Hajar Dewantoro ada tiga lingkungan pendidikan yaitu lingkungan
keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. dan fungsi pendidikan dalam masyarakat menurut ki hajar dewantara adalah sebagai
berikut:
Fungsi
Sosialisasi
Di dalam masyarakat pra industri, generasi baru belajar mengikuti pola
perilaku generasi sebelumnya tidak melalui lembaga-lembaga sekolah seperti
sekarang ini. Pada masyarakat pra industri tersebut anak belajar dengan jalan
mengikuti atau melibatkan diri dalam aktivitas orang-orang yang telah lebih dewasa.
Anak-anak mengamati apa yang mereka lakukan, kemudian menirunya dan anak-anak
belajar dengan berbuat atau melakukan sesuatu sebagaimana dilakukan oleh
orang-orang yang telah dewasa.
Fungsi kontrol sosial
Fungsi kontrol sosial
Sekolah sebagai lembaga yang berfungsi untuk mempertahankan dan
mengembangkan tatanan-tatanan sosial serta kontrol sosial mempergunakan
program-program asimilasi dan nilai-nilai subgrup beraneka ragam, ke dalam
nilai-nilai yang dominan yang memiliki dan menjadi pola anutan bagi sebagiai
masyarakat.
Sekolah berfungsi untuk mempersatukan nilai-nilai dan pandangan hidup etnik
yang beraneka ragam menjadi satu pandangan yang dapat diterima seluruh etnik.
Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa sekolah berfungsi sebagai alat pemersatu
dan segala aliran dan pandangan hidup yang dianut oleh para siswa. Sebagai
contoh sekolah di Indonesia, sekolah harus menanamkan nilai-nilai Pancasila
yang dianut oleh bangsa dan negara Indonesia kepada anak-anak di sekolah
Fungsi pelestarian budaya masyarakat
Fungsi pelestarian budaya masyarakat
Sekolah di samping mempunyai tugas untuk mempersatu budaya-budaya etnik
yang beraneka ragam juga harus melestanikan nilai-nilai budaya daerah yang
masih layak dipertahankan seperti bahasa daerah, kesenian daerah, budi pekerti
dan suatu upaya mendayagunakan sumber daya lokal bagi kepentingan sekolah dan
sebagainya.
Fungsi seleksi, latihan dan pengembangan tenaga kerja
Fungsi seleksi, latihan dan pengembangan tenaga kerja
Proses seleksi terjadi di segala bidang baik mau masuk sekolah maupun mau
masuk pada jabatan tertentu. Untuk masuk sekolah tertentu harus mengikuti ujian
tertentu, untuk masuk suatu jabatan tertentu harus mengikuti testing kecakapan
tertentu. Sebagai contoh untuk dapat masuk pada suatu sekolah menengah tertentu
harus menyerahkan nllai EBTA Murni (NEM). Sekolah sebagai lembaga yang berfungsi untuk latihan dan pengembangan
tenaga kerja mempunyai dua hal. Pertama sekolah digunakan untuk menyiapkan
tenaga kera profesional dalam bidang spesialisasi tertentu. Untuk memenuhi ini
berbagai bidang studi dibuka untuk menyiapkan tenaga ahli dan terampil dan berkemampuan
yang tinggi dalam bidangnya. Kedua dapat digunakan untuk memotivasi para
pekerja agar memiliki tanggung jawab terhadap kanier dan pekerjaan yang
dipangkunya.
Sekolah mengajarkan bagaimanan menjadi seorang yang akan memangku jabatan
tertentu, patuh terhadap pimpinan, rasa tanggung jawab akan tugas, disiplin
mengerjakan tugas sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Sekolah juga
mendidik agar seseorang dapat menghargai harkat dan martabat manusia,
memperlakukan manusia sebagai manusia, dengan memperhatikan segala bakat yang
dimilikinya demi keberhasilan dalam
tugasnya.
Sekolah mempunyai fungsi pengajaran, latihan dan pendidikan. Fungsi
pengajaran untuk menyiapkan tenaga yang cakap dalam bidang keahlian yang
ditekuninya. Fungsi latihan untuk mendapatkan tenaga yang terampil sesuai
dengan bidangnya, sedang fungsi pendidikan untuk menyiapkan seorang pribadi
yang baik untuk menjadi seorang pekerja sesuai dengan bidangnya. Jadi fungsi
pendidikan ini merupakan pengembangan pribadi
sosial.
Fungsi pendidikan dan perubahan sosial
Fungsi pendidikan dan perubahan sosial
Pendidikan
mempunyai fungsi untuk mengadakan perubahan sosial mempunyai fungsi:
- melakukan reproduksi budaya
- difusi budaya
- mengembangkan analisis kultural terhadap kelembagaan-kelembagaan tradisional
- melakukan perubahan-perubahan atau modifikasi tingkat ekonomi sosial tradisional melakukan perubahan-perubahan yang
Nah itulah fungsi dan peranan pendidikan dalam masyarakat menurut Ki Hajar dewantara. Mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga Bermaanfaat.
0 Response to "FUNGSI PENDIDIKAN DALAM MASYARAKAT menurut Ki Hajar Dewantara"
Post a Comment