Bagi kalian yang sedang mencari pengertian dari filsafat pendidikan berikut saya paparkan pengertian filsafat pendidikan yang saya kutip dari makalah dari teman saya.
Menurut Al-Syaibany dalam Jalaludin & Idi (2007: 19),
filsafat pendidikan adalah
aktivitas pikiran yang teratur yang menjadikan filsafat sebagai jalan untuk
mengatur, menyelaraskan, dan memadukan proses pendidikan. Artinya, filsafat pendidikan dapat
menjelaskan nilai-nilai dan
maklumat-maklumat yang diupayakan untuk mencapainya.Filsafat pendidikan juga bisa didefinisikan
sebagai kaidah filosofis dalam bidang pendidikan yang menggambarkan aspek-aspek pelaksanaan falsafah umum dan menitikberatkan pada pelaksanaan prinsip-prinsip dan kepercayaan yang menjadi
dasar dari filsafat umum
dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan pendidikan secara praktis.
Sementara Dewey dalam Jalaludin & Idi (2007: 20) menyampaikan bahwa filsafat pendidikan merupakan suatu
pembentukan kemampuan dasar yang fundamental, baik yang menyangkut daya pikir (intelektual) maupun daya
perasaan (emosional),
menuju tabiat manusia.
Sementara menurut Thompson (Arifin,
1993: 2), filsafat artinya
melihat suatu masalah secara total dengan
tanpa ada batas atau implikasinya,ia tidak hanya melihat tujuan, metode atau alat-alatnya, tapi juga meneliti
dengan saksama hal-hal
yang dimaksud. Keseluruhan masalah yang
dipikirkan oleh filosof tersebut
merupakan suatu upaya untuk menemukan hakikat masalah, sedangkan suatu hakikat
itu dapat dibakukan melalui
proses kompromi.
Berdasarkan
uraian diatas dapat kita tarik pengertian bahwa filsafat pendidikan sebagai
ilmu pengetahuan normatif dalam bidang pendidikan merumuskan kaidah-kaidah
norma dan atau ukuran tingkah laku perbuatan yang sebenarnya dilaksanakan oleh
manusia dalam hidup dan kehidupannya.
0 Response to "Pengertian filsafat pendidikan"
Post a Comment