Pancasila berguna sebagai nilai dasar dalam kehidupan bangsa Indonesia

Sebelum membahas lebih jauh mengenai keberadaan pancasila sebagai nilai dasar dalam kehidupan bangsa Indonesia. Perlu dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan nilai dan nilai dasar. Begitu juga norma dan moral yang sangat erat kaitannya dengan nilai.

1.   Nilai dan Nilai Dasar

Nilai (value dalam bahasa Inggris) berasal dari kata Latin  valere yang artinya kuat baik, berharga. Dalam kajian filsafat merujuk pada sesuatu yang sifatnya abstrak yang dapat diartikan sebagai “keberhargaan” (worth) atau “kebaikan” (goodness). Nilai itu sesuatu yang berguna, nilai juga mengandung harapan akan sesuatu yang diinginkan, nilai adalah suatu kemampuan yang dipercayai yang ada pada suatu benda untuk memuaskan manusia (dictionary of sosiology a related science), nilai itu suatu sifat atau kualitas yang melekat pada suatu obyek.  Ada beberapa macam teori tentang nilai  yang dikemukakan oleh:

Dalam filsafat Pancasila, disebutkan ada tiga tingkatan nilai, yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praktis.

  • Nilai dasar adalah asas-asas yang kita terima sebagai dalil yang bersifat mutlak, sebagai sesuatu yang benar atau tidak perlu dipertanyakan lagi. Nilai-nilai dasar dari Pancasila adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.
  • Nilai instrumental adalah nilai yang berbentuk norma sosial dan norma hukum yang selanjutnya akan  terkristalisasi dalam peraturan dan mekanisme lembaga-lembaga negara.
  • Nilai praktis adalah nilai yang sesungguhnya kita laksanakan dalam kenyataan.Nilai ini merupakan batu ujian apakah nilai dasar dan nilai instrumental itu benar-benar hidup dalam masyarakat.

Nila-nilai dalam Pancasila termasuk nilai etik atau nilai moral merupakan nilai dasar yang mendasari nilai intrumental dan selanjutnya mendasari semua aktivitas kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

        2. MORAL
Secara etimologi kata moral berasal dari kata mos. Yang berarti cara, adat istiadat atau kebiasaan, sedangkan jamaknya adalah mores. Kata moral ini mempunyai arti yang sama dengan kata etos (Yunani) yang menurunkan kata etika. Dalam bahasa arab, moral berarti budi pekerti sama dengan pengertian akhlak, sedangkan dalam konsep Indonesia moral berarti kesusilaan. Moral atau kesusilaan adalah keseluruhan norma yang mengatur tingkah laku manusia dimasyarakat untuk melaksanakan perbuatan-perbuatan yang baik dan benar.

3. NORMA
Norma secara normatif mengandung arti aturan, kaidah, petunjuk, pedoman yang harus dipatuhi oleh manusia agar perilakunya tidak menyimpang dan tidak merugikan pihak lain. Sedangkan bagi pelanggarnya akan mendapatkan sanksi sesuai dengan aturan yang disepakati bersama. Dalam kehidupan masyarakat, dijumpai beberapa macam norma diantaranya adalah:
a.norma agama
b.norma  hukum
c.norma moral
          
Pancasila sebagai nilai kehidupan bangsa indonesia mempunyai arti:

  • Dilihat dari proses terjadinya,pandangan hidup adalah jawaban bangsa itu untuk mengatasi tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam usahanya untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.
  • Dilihat dari bentuk susunannya,pandnagan hidup adalah konsepsi dasar tentang kehidupan yang dicita-citakan oleh bangsa itu.
  • Dilihat dari isinya,pandangan hidup adalah kristalisai nilai-nilai luhur yang dimiliki suatu bangsa,yang diyakini kebenarannya sehingga menumbuhkan tekat pda bangsa itu untuk mewujudkannya.



0 Response to "Pancasila berguna sebagai nilai dasar dalam kehidupan bangsa Indonesia"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.
Silahkan berkomentar dengan sopan.