Nilai dan makna yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila


Kita sebagai warga negara indonesia pastilah mengenal dan tentunya wajib hafal dengan sila-sila di dalam pancasila. namun kita sebagai anak indonesia juga harus tahu nilai dan makna apa yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila agar kita juga paham dan mampu mengamalkan pancasila didalam kehidupan berbangsa dan bernegara. nah sekarang yuk kita bahas apa nilai dan makna yang terkandung di dalam pancasila.

Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa 


Nilai Ketuhanan: Mengandung makna bahwa kita segenap bangsa indonesia menyakini adanya tuhan sebagai pencipta alam semesta. Dengan nilai ini menyatakan bangsa Indonesia merupakan bangsa yang religius bukan bangsa yang ateis. Nilai ketuhanan juga memiliki arti adanya pengakuan dan kebebasan untuk memeluk agama, menghormati kemerdekaan beragama, tidak ada paksaan serta tidak berlaku deskriminatif antar umat beragama.

Sila Kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab
Nilai Kemanusian: Mengandung makna, kesadaran sikap dan prilaku sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.
Sila Ketiga Persatuan Indonesia
Nilai Persatuan: mengandung makna bersama membangun/membina rasa persatuan dan nasionalisme dalam keberagaman/keanekaragaman Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sila Keempat Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan.

Nilai kerakyatan: mengandung makna bahwa dalam suatu pemerintahan itu berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat yang dilaksanakan dengan cara-cara musyawarah mufakat dan semangat gotong royong.
Sila Kelima Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,
Nilai keadilan: mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan, yaitu tercapainya masyarakat Indonesia yang adil, makmur secara lahiriah maupun batiniah.

Nah itulah nilai dan makna yang terkadung dalam setiap sila-sila pancasila. semoga menambah pengetahuan dan bemanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar ya.

Dan ini video megenai pengamalan nilai nilai pancasila yang saya dapatkan di youtube.


1 Response to "Nilai dan makna yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila"

  1. Gak usah aneh aneh mas... Biasah ae lek gae web.., tek gampang dipahami... Matur suwun

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.
Silahkan berkomentar dengan sopan.