Definisi Konsep Psikologi Secara Etimologi dan Terminologi

Kali ini saya akan memberikan pengetahuan sedikit mengenai konsep psikologi secara etimologi dan terminologi yang dikutip dari berbagai sumber.

Secara etimologi psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno yaini “psyche” yang berarti roh, jiwa, dan “logos” yang berarti ilmu, maka Psikologi berarti ilmu jiwa (Sri Rukmini, 1998:1). Sedangkan secara terminologi psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Tetapi perlu digarisbawahi bahwa psikologi tidak mempelajari jiwa/mental secara langsung karena jiwa sifatnya yang abstrak, psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspor dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses/kegiatannya. Sehingga psikologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan proses mental.
Psikologi menurut beberapa pakar diantaranya sebagai berikut:
  1. Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat  secara langsung maupun tidak langsung.
  2. Pengertian Psikologi menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
  3. Pengertian Psikologi menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
  4. Pengertian Psikologi Wiji Hidayati dan Sri Purnami (2008:4) menjelaskan bahwa definisi konsep psikologi adalah ilmu yang membahas situasi kejiwaan manusia yang dapat menggerakkan tingkah laku manusia selama hidup di dunia sampai pra kematian.


1 Response to "Definisi Konsep Psikologi Secara Etimologi dan Terminologi"

Terima kasih atas kunjungannya.
Silahkan berkomentar dengan sopan.